Sunday, December 21, 2014

Dapur Solo - A taste of solo!

Berbicara mengenai cita rasa menu masakan khas solo yang enak dan lezat, rasanya tidak pernah terlepas daripada nama restaurant yang satu ini, ya sebut saja Dapur Solo. Dapur Solo berdiri sejak tahun 1988, dimana usaha pertamanya ini dimulai dari sebuah garasi rumah Ibu Swan Kumarga. Sebagai salah seorang ibu rumah tangga yang baik, Ibu Swan Kumarga memiliki seorang anak kecil pada saat itu dan merawat anaknya itu sendiri. Namun memang kondisi keuangan harus dihadapi oleh Ibu Swan Kumarga disini, menjadikan terlintas didalam benak Ibu Swan Kumarga untuk menjalankan bisnis kecil - kecilannya, dimulai dari berdagang gado - gado dan rujak. Disamping itu tekad seorang suami Bapak Heru untuk mendukung usaha istrinya ini, menjadikan sosok Ibu Swan Kumarga mulai cukup populer di kalangan warga lingkungan tempat ia tinggal dahulu. Lalu terlintas di satu saat keinginan dari Ibu Swan Kumarga untuk mengembangkan usaha kecil - kecilannya ini menjadi sebuah kantin kecil dan hal ini mendapat dukungan positif dari sang suami serta anak - anaknya. Dengan segala usaha, kegigihan, serta konsistensi yang dimiliki Ibu Swan Kumarga untuk menghasilkan cita rasa berbagai jenis menu hidangan khas Solo yang lezat dipadukan dengan berbagai dukungan dari lingkup keluarga maka lahirlah Dapur Solo yang sekarang ini.


Dapur Solo sendiri diresmikan berdiri pada tahun 2006, dengan antusias serta sambutan yang hangat dari para masyarakat ibukota Jakarta, menjadikan bisnis Ibu Swan Kumarga ini terus berkembang seiring berjalannya waktu. Hingga saat ini sendiri, Dapur Solo sudah memiliki 13 cabang yang tersebar di berbagai lokasi pada ibukota Jakarta ini, dengan konsistensi cita rasa dan juga kualitas berbagai jenis menu hidangan yang sudah dipertahankan sejak dahulu. Sebuah tekad dan motivasi yang besar adalah kunci keberhasilan Ibu Swan Kumarga untuk mengembangkan usaha kulinernya yang satu ini.


Konsep interior design yang sederhana dan tradisional, menjadikan tempat makan yang satu ini menghadirkan atmosphere nyaman dan tenang setiap waktunya. Bahkan ketika siang hari sekalipun dan pada saat jam - jam makan siang ataupun makan malam tentunya.

Nasi Liwet Solo

Untuk menu hidangan yang pertama ini, sebut saja namanya Nasi Liwet Solo. Pada dasarnya menu hidangan yang satu ini adalah salah satu jenis menu hidangan khas solo yang wajib kalian coba disini. Dimulai daripada penggunaan suwiran daging ayam yang sudah diolah sedemikian rupa hingga terasa cukup gurih, berpadu dengan hati dan ampela ayam matang, lalu telor pindang yang pedas, sambal goreng labu dan tahu opor yang kaya akan bumbu menjadikan jenis menu hidangan yang satu ini terkesan sangat lengkap untuk dinikmati setiap waktunya. Disamping itu penggunaan kuah opor yang banyak didalam menu hidangan yang satu ini menghasilkan cita rasa gurih dan lebih beraroma sedap tentunya. Jadi pastikan kalian mencoba menu hidangan yang satu ini ya!

Gado - Gado

Gado - gado adalah salah satu jenis menu hidangan khas solo yang sangat populer dan diminati oleh warga ibukota jakarta tentunya. Dimulai dari penggunaan potongan sayuran segar berpadu dengan bumbu kacang yang fresh dan gurih menjadikan jenis menu hidangan yang satu ini tampil cukup baik dalam restaurant yang dimiliki oleh Ibu Swan Kumarga disini. Kunci keberhasilan dalam menu hidangan yang satu ini terletak daripada pengolahan bumbu kacang yang digunakan didalamnya, dan memang harus diakui texture bumbu kacang yang kental dengan perpaduan rempah - rempah didalamnya menjadikan bumbu kacang yang digunakan dalam menu hidangan yang satu ini terkesan lebih gurih daripada biasanya. Sehingga, cukup menarik untuk mencicipi jenis menu hidangan khas solo yang satu ini.

Nasi Langgi Spesial 

Nasi Langgi Spesial menghadirkan potongan empal goreng yang gurih dengan terik yang cukup asin, lalu sambal goreng kentang yang kaya akan bumbu, serundeng, serta keripik kentang yang crunchy tentunya. Disamping itu sebagai side dish, dihadirkan juga disini lalapan sayur sederhana yang segar dan juga kerupuk udang yang garing untuk menemani kalian dalam menyantap menu hidangan khas solo yang satu ini. Sungguh tidak perlu diragukan lagi, bahwa cita rasa menu hidangan yang satu ini adalah enak dan lezat loh. Sehingga kapanpun kalian menginginkan cita rasa menu hidangan khas solo yang enak dan berkualitas, ini adalah jawaban yang tepat bagi kalian!

Es Campur Solo

Nah, setelah berbicara soal yang asin - asin, rasanya tidak lengkap apabila kita tidak menghidangkan juga disini es campur solo yang dingin dan manis tentunya. Es campur solo yang kaya akan potongan buah segar ini rasanya sangat cocok untuk disajikan selagi musim panas seperti ini loh. Apalagi ketika matahari tampil sangat menyengat, segera sajikan es campur solo dan rasakan kesegarannya!

Rate:
Food = 8/10
Ambience = 7/10
Service = 7/10
Hygiene = 7/10

Dapur Solo
Jalan Panglima Polim Raya No.1
Kebayoran Baru
Jakarta Selatan, Indonesia
RSVP: 021 - 7222311
Price Range: IDR 65.000++/pax
Operating Hours: 9am - 10.00pm (Sunday - Monday)
Dresscode: - 
Website - Facebook - Twitter - Instagram

FOLLOW ME HERE!








Location: Jalan Panglima Polim Raya No.1, Kebayoran Baru, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12160, Indonesia

0 comments:

Post a Comment